daun sembukan



Halo sobat pastiada semua,kali ini saya akan membahas tentang daun SEMBUKAN,ada yang tau apa itu daun sembukan,sebagian dari kalian pasti udah pada tau,namun pasti masih banyak jugakan yg belum tau,dan mungkin bertanya tanya apa itu daun sembukan,nah itulah tujuanya saya membuat post ini untuk memberikan jawaban bagi kalian yg belum pernah denger dan tau daun sembuan.
Tumbuhan ini kalau didaerah saya, di Jawa Timur, lebih dikenal sebagai bahan makanan. Sembukan sering dibuat bothok yaitu masakan yang dibungkus daun dengan isi antara lain daun sembukan, teri, tempe yang dipotong kecil-keicl dan parutan kelapa, tentu saja ditambah bumbu-bumbu sebagai penyedapnya. Setelah dibungkus rapat dengan daun pisang tinggal dikukus, jadi prinsipnya hampir mirip seperti bikin pepes ikan.

Tanaman ini atau tepatnya daun tanaman sembukan  ini memiliki bau yang sangat khas yaitu menyerupai bau kentut. 
Tanaman Sembukan atau kalau dikampung namanya godhong entut-entutan (Paederia foetida L.) atau nama daerah lain: Daun kentut; Kahitutan; Kasembukan; Bintaos; Gumi siki; Sembukan; Simbukan merupakan tanaman semak, semusim.Tumbuh liar di pagar dan tebing sungai pada ketinggian 1-1000 m dpl.
Mengutip pendapat seorang pemerhati tanaman obat tradisional, pasien terapi penyinaran sebaiknya dianjurkan untuk minum rebusan herba ini, agar jumlah sel darah putih tidak menurun.
Khasiat sembukan berasal dari kandungan kimia yang dimilikinya, menurut telaahan farmakolog yakni asperuloside deasetilas peruloside, paederoside, scanderoside, asam paederosidic dan arbutin. Daun sembukan juga mengandung gamma sitosterol, asam olea-nolik dan minyak asiri. 

Sembukan juga punya efek analgetik (menghilangkan rasa sakit), karminatif (peluruh kentut), diuretik (peluruh kencing), mukalitik (peluruh dahak), stomatik (penambah nafsu makan), ekspektoran (stop batuk), antipiretik (menghilangkan demam), antibiotik, antiradang, antiracun serta melancarkan aliran darah dan aliran energi vital.

Sedangkan efek analgetiknya berkhasiat menghilangkan nyeri sesudah operasi, nyeri syaraf, reumatik, keseleo, patah tulang, terbentur serta nyeri akibat kolik pada usus, empedu dan ginjal. Berikut adalah gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan herba tersebut. Yakni konsumsilah daun sembukan, setidak-tidaknya dua kali seminggu dengan cara yang disukai. Bisa juga dengan meminum air perasan daun, dibuat campuran sayur maupun dilalap.

Tanaman Sembukan ini tumbuh membelit, dengan panjang ± 10 m. Batang tanaman massif, beruas, beralur, masih muda halus setelah tua kasar, diameter 2-5 mm, dari buku-buku dapat tumbuh akar, warna akar coklat. Daun tanaman termasuk daun tunggal, berhadapan,bentuk dau telur, dengan panjang 5-9 cm, tepi daun rata, ujung daun runcing,pangkal berlekuk, berambut, petulangan menyirip, tangkai daun bulat, berbulu,panjang 3-5 cm, diameter ± 2 mm, warna daun hijau.
Nah demikianlah tadi sedikit ulasan tentang daun sembukan,semoga yang belum tau udah tau kan,dan tentunya dapat bermanfaat bagi kita semua ya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "daun sembukan"

Post a Comment